Tiga Kesalahan Fatal Orang Berpuasa

By |2022-04-09T14:39:48+07:00April 7th, 2022|Artikel Islam|4 Comments

Puasa ramadhan merupakan ibadah tahunan. Setiap muslim muda maupun tua menyambutnya penuh suka cita dan antusias. Di bulan ramadhan setiap muslim dianjurkan beramal sebanyak-banyaknya dengan berbagai jenis amal kebaikan, seperti tadarrus, memperbanyak shalat sunat, shadaqah dan lain sebagainya.

Puasa berfungsi sebagai benteng dan perisai dari perkataan dusta dan perilaku dosa serta maksiat kepada Allah. Meskipun konsepnya demikian, banyak orang berpuasa namun tetap mengerjakan maksiat dan zhalim sehingga puasanya hanya sekedar menahan lapar dan haus serta tidak mendapatkan berkah dan manfaat sama sekali. Ulama salaf pernah berkata, Puasa yang jelek adalah jika saat puasa hanya meninggalkan minum dan makan saja.” (Lathoiful Ma’arif, hal. 277).

berikut ini akan dibahas tiga kesalahan fatal yang sering dilakukan oleh orang yang berpuasa, yaitu

  1. Berpuasa tapi tidak shalat

Shalat dan puasa adalah kewajiban setiap muslim. Keduanya tidak bisa dipisahkan dan saling bergantung satu sama lain. Masih banyak orang yang berpuasa namun tetap tidak shalat. Mereka lebih malu tidak berpuasa dibandingkan tidak shalat. orang berpuasa tapi tidak shalat umumnya adalah orang-orang yang terbiasa tidak melaksanakan shalat lima waktu.

Walaupun shalat dan puasa sama-sama ibadah wajib dan rukun islam, namun kedudukan shalat lebih utama dibandingkan puasa. Orang yang tidak sanggup berpuasa karena sakit, perjalanan atau udzur lainnya masih dapat mengganti puasanya pada hari lain diluar bulan Ramadhan atau dengan cara membayar fidyah. Berbeda halnya dengan shalat, pada kondisi apapun ia tetap wajib dilaksanakan. Selain sebagai kewajiban utama, shalat juga berfungsi sebagai tiang agama dan amalan penentu bagi amalan lain.

2. Berpuasa tapi tidak menutup Aurat

Menutup aurat adalah kewajiban bagi setiap muslim. Batas aurat laki-laki adalah dari pusar hingga ke lutut. Sementara aurat perempuan seluruh anggota badan kecuali telapak tangan dan wajah.

Membuka aurat merupakan dosa besar. Orang yang mempertontonkan aurat di bulan Ramadhan sesungguhnya sudah melakukan dua kesalahan. Pertama, melanggar larangan Allah. Kedua, menodai kehormatan Ramadhan dengan maksiat yang dia kerjakan.

Ketika wanita memamerkan auratnya, yang terjadi, dia sedang menjadi sumber dosa. Dosa bagi setiap lelaki yang melihat dirinya. Karena itu, cara memahaminya bukan sekali memamerkan aurat, sekali berbuat dosa, bukan demikian. Tapi juga perlu diperhatikan berapa jumlah lelaki yang terkena dampak dari dosa yang dia lakukan.

Begitu juga laki-laki harus menutup aurat secara sempurna. jangan menggunakan celana pendek ketika keluar rumah, terutama saat berolah raga seperti renang, sepak bola, jogging dan lain sebagainya.

3. Berpuasa tapi tidak menahan Nafsu

Tujuan utama dari berpuasa adalah mengendalikan diri dari hawa nafsu yang tercela. Mengendalikan diri, pikiran, perasaan dan perilaku dari hal tercela dan sa-sia sehingga semua tindakannya selalu dituntun oleh akal yang jernih. saat berpuasa kita melatih diri mengendalikan pikiran dari prasangka, pikiran buruk dan tercela, perasaan dendam, sombong, dan dari perkataan yang tercela dan sia-sia.

Banyak orang berpuasa yang belum mengendalikan hawa nafsu dengan baik. Hal yang sering terjadi  pada seseorang  yang berbuka puasa terkadang harus dengan makanan tertentu yang membuatnya belum puas hingga mendapatkan makanan yang diinginkan dan bahkan terkadang jenis makan tersebut tidak pernah disediakan pada bulan lain. Inilah contoh belum suksesnya seseorang mengendalikan hawa nafsu selama berpuasa.

Syaikh ‘Abdul ‘Aziz bin Baz rahimahullah berkata, “Puasa yang telah Allah syari’atkan adalah jalan yang Dia jadikan untuk kita belajar menjaga anggota badan dari perkara-perkara yang Dia haramkan dan hendaklah anggota tubuh ini digunakan hanya pada jalan ketaatan”.

Demikianlah tiga kesalahan yang sering terjadi pada orang berpuasa. Semoga Allah memberikan kekuatan dan pemahaman yang baik kepada kita agar terhindar dari perbuatan tercela dan sia-sia serta dapat memanfaatkan bulan ramadhan dengan penuh kebaikan. Amiin

About the Author:

4 Comments

  1. Syarifah Aini April 9, 2022 at 3:00 pm - Reply

    Semoga kita terhindar dari tiga hal tersebut dan istikamah dalam kebaikan. Amin.

    • admin April 9, 2022 at 10:27 pm - Reply

      Aamiin ya Allah ya Rabb.

  2. Ali April 9, 2022 at 4:10 pm - Reply

    Semoga mauizzah ini membuat kebaikan & keberkahan

    • admin April 9, 2022 at 10:27 pm - Reply

      Aamiin ya Allah ya Rabb

Leave A Comment